Rich's Indonesia Resmikan Pabrik Baru di Cikande

24 August 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rich’s, perusahaan keluarga global yang bergerak di industri makanan yang telah berdiri selama lebih dari 70 tahun, secara resmi membuka pabrik pembuat non- dairy whip topping pertamanya di Serang, Banten Indonesia. Pabrik baru seluas 2,5 hektar ini menandai investasi terbaru perusahaan di Indonesia, melayani pasar lokal dan pasar ekspor di seluruh Wilayah Asia.

Pembangunan pabrik PT Rich Products Manufacturing Indonesia ini mulai dibangun pada 2016 dan selesai pada pertengahan 2017. Namun pada awal tahun 2018 produksi secara komersil mulai dimulai. Terdapat berbagai pilihan produk non-dairy whip topping untuk pelanggannya, termasuk Avoset Pour N’ Whip untuk operator layanan makanan dan Rich’s Gold Label.

Ted Rich, Senior Vice President Rich Products menjelaskan dengan populasi lebih dari 250 juta orang dan ekonomi Indonesia yang berkembang pesat, secara keseluruhan Rich melihat kondisi ini sebagai suatu peluang besar.

“Pembukaan pabrik kami di Serang, Banten mewakili komitmen kami untuk Indonesia dan juga membangun operasi bisnis kami yang telah ada di Asia, termasuk Cina, India, Korea dan Vietnam," kata Ted (24/10).

Ted mengaku perusahaan akan lebih banyak business to business (B2B) dengan perusahan makanan maupun minuman di Indonesia untuk berjualan. Adapun perusahaan asal Amerika Serikat ini juga membidik UKM lokal yang mengembangkan bisnis bakery.

Eddy Chan, President of Rich Southeast Asia, Australia & New Zealand menjelaskan pemilihan pabrik di Banten karena kedekatan antara supplier kemasan dan juga bahan baku pendukung lainnya. Selain itu dari sisi tenaga kerja sudah lebih siap karena berada di kawasan industri. "Ini dekat dengan pelabuhan jadi kami mau ekspor jadi lebih mudah," kata Eddy.

Saat ini perusahaan sudah mengekspor ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Taiwan. Sayangnya nilai produksi dan pendapatan yang diperoleh perusahaan ini belum bisa dibeberkan. Adapun saat ini perusahaan juga mulai bekerjasama dengan distributor untuk menjual produknya di seluruh Indonesia. Tercatat saat ini produknya sudah dijual di area Medan, Semarang, Surabaya dan Palembang.

"Sebelumnya produk Rich's diimpor dari Vietnam. Tapi dengan adanya pabrik di Cikande, Serang, Banten ini konsumen Indonesia bisa lebih cepat mendapatkan produk ini," katanya.

Catatan saja penemuan Rich’s Whip Topping dimulai pada tahun 1945 di Amerika Serikat ketika pendiri perusahaan, Robert E. Rich menemukan penggunaan kedelai sebagai pengganti berbahan dasar nabati untuk whipped cream, menciptakan topping beku pertama di dunia tanpa produk susu. Hingga saat ini Rich’s melakukan bisnis di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, dan mempekerjakan lebih dari 10.500 orang, di enam benua.

 

---Credits: Kontan.co.id   |  Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yoyok

https://industri.kontan.co.id/news/richs-resmikan-pabrik-baru-di-cikande

Copyright © 2020 Rich Products Co. All rights reserved.
Doxadigital Indonesia
phoneglobewhatsappusermagnifier